PENGARUH PENGELOLAAN KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PAYLATER PADA GENERASI SANDWICH
DOI:
https://doi.org/10.24843/EEB.2025.v14.i10.p05Kata Kunci:
Generasi Sandwich, Paylater, Pengelolaan Keuangan, Gaya Hidup, Sosial Media, Financial Management, Lifestyle, Sandwich Generation, Social MediaAbstrak
Penelitian bertujuan mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan penggunaan paylater seperti pengelolaan keuangan, gaya hidup, dan media sosial pada generasi sandwich di Kota Mataram. Penelitian mempertimbangan generasi sandwich sebagai target pasar penggunaan paylater karena memiliki daya beli yang relatif tinggi akibat tekanan finansial ganda. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui kuesioner yang melibatkan 302 responden generasi sandwich di Kota Mataram. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM pada SmartPLS 4.1.0.9 melalui pengujian model pengukuran dan pengujian model struktural untuk menguji pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan keuangan tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan paylater karena generasi sandwich cenderung memiliki kontrol perilaku rendah untuk pengeluaran jangka pendek. Dorongan memenuhi kebutuhan membuat generasi sandwich lebih rentan dalam mengambil keputusan finansial tanpa mempertimbangkan pengelolaan keuangan secara menyeluruh. Sebaliknya, gaya hidup yang didorong oleh ekspektasi sosial maupun kebutuhan emosional memengaruhi keputusan generasi sandwich untuk menggunakan paylater. Media sosial memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan generasi sandwich menggunakan paylater melalui paparan informasi yang tersedia.
The research aims to explore the factors that influence the decision to use paylater such as financial management, lifestyle, and social media in the sandwich generation in Mataram City. The research considers the role of the sandwich generation as the target market for using paylater because they have relatively high purchasing power due to multiple financial pressures. A quantitative approach was used with data collection techniques through questionnaires involving 302 sandwich generation respondents in Mataram City. Data were analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS 4.1.0.9 software through measurement model testing and structural model testing to test the influence between variables. The results showed that financial management had no effect on the decision to use Paylater. The sandwich generation tends to have low behavioural control over short-term spending due to the urge to meet daily needs or urgent needs. Conversely, a lifestyle driven by social expectations and emotional needs of the sandwich generation's decision to use paylater. Social media has the greatest influence on the decision to use paylater through exposure to available information.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Anak Agung Ngurah Agung Adi Rama Putra Dalem, Nurabiah (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.











