PERAN MINAT BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MEMODERASI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.24843/EEB.2025.v14.i08.p09Keywords:
Accounting Comprehension, Emotional Intelligence, Learning Behavior, Learning Interest, Self-Confidence, Kecerdasan Emosional , Kepercayaan Diri, Minat Belajar, Pemahaman Akuntansi, Perilaku BelajarAbstract
Lulusan pendidikan vokasi di bidang akuntansi dituntut menguasai keterampilan teknis sekaligus kecerdasan emosional untuk memahami materi pembelajaran yang bersifat aplikatif. Namun, hasil penelitian sebelumnya mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman mahasiswa masih menunjukkan ketidakkonsistenan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa, serta menguji peran perilaku belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi. Penelitian ini didasarkan pada Theory of Planned Behavior dan Taksonomi Bloom dalam domain afektif. Sampel terdiri atas 86 mahasiswa Program Studi DIII Akuntansi dan Perpajakan yang telah menempuh mata kuliah berbasis komputer, dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk variabel afektif dan dokumentasi nilai akademik untuk variabel pemahaman. Analisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mahasiswa. Minat belajar dan kepercayaan diri memoderasi hubungan tersebut secara signifikan, sedangkan perilaku belajar tidak. Temuan ini menekankan pentingnya memperkuat aspek emosional dan psikologis mahasiswa dalam pembelajaran vokasi guna meningkatkan hasil belajar.
Graduates of vocational education in accounting are expected to master both technical skills and emotional intelligence to understand application-based learning materials. However, previous studies on the influence of emotional intelligence on students’ comprehension have shown inconsistent results. This study aims to examine the effect of emotional intelligence on accounting students’ comprehension and assess the moderating roles of learning behavior, learning interest, and self-confidence. The research involved 86 students from the Diploma in Accounting and Taxation Program, who had completed computer-based accounting courses. A purposive sampling technique was applied. Data collection used questionnaires for affective variables and academic records for comprehension. The data were analyzed using Moderated Regression Analysis (MRA). The results indicate that emotional intelligence significantly affects students’ comprehension. Learning interest and self-confidence function as moderating variables, enhancing the relationship between emotional intelligence and comprehension. However, learning behavior does not have a significant moderating effect. These findings highlight the importance of integrating emotional and psychological development into vocational learning strategies to support optimal academic performance.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anak Agung Ngurah Agung Kresnandra, Wayan Gde Wahyu Purna Anggara (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











