NIAT BELAJAR MENGGUNAKAN SOFTWARE AKUNTANSI

Authors

  • Ni Luh Made Sri Kusmira Udayana University image/svg+xml , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia Author
  • Dodik Ariyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia Author
  • I Wayan Suartana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia Author
  • Gede Juliarsa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.24843/EEB.2025.v14.i09.p05

Keywords:

Niat Belajar Mahasiswa, Software Akuntansi, Pengaruh Sosial, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Accounting Software, Learning Intention, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Social Influence

Abstract

Pembelajaran mengenai software akuntansi sangat krusial bagi mahasiswa akuntansi untuk menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi di pasar kerja. Penelitian ini membuktikan hubungan dari persepsi kegunaan, kemudahan dalam menggunakan, sikap, pengaruh sosial, dan computer self-efficacy pada niat belajar software akuntansi. Data primer dikumpulkan dari 241 mahasiswa pada program sarjana akuntansi di FEB Unud angkatan 2021 dan 2022 melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0. Temuan ini membuktikan adanya efek yang positif dari persepsi pemanfaatan, kemudahan dalam menggunakan, sikap, pengaruh sosial, dan computer self-efficacy secara signifikan pada niat belajar mahasiswa. Hasil studi ini dapat diartikan yakni semakin tinggi keyakinan mahasiswa terhadap manfaat dan kemudahan software, semakin positif sikap mereka, semakin kuat dukungan sosial, dan semakin tinggi kepercayaan diri dalam mengoperasikan komputer, maka semakin besar niat mereka untuk mempelajari teknologi akuntansi. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya integrasi kurikulum dan strategi pembelajaran yang mendukung pengembangan kompetensi digital mahasiswa akuntansi untuk menghadapi tuntutan dunia kerja modern.

Learning accounting software is essential for accounting students to produce highly competitive graduates in the job market. This study investigates the relationship between perceived usefulness, ease of use, attitude, social influence, and computer self-efficacy on students’ intention to learn accounting software. Primary data were collected from 241 undergraduate accounting students from the 2021 and 2022 cohorts at the Faculty of Economics and Business, Udayana University, using questionnaires and analyzed with SmartPLS 4.0. The findings reveal that perceived usefulness, ease of use, attitude, social influence, and computer self-efficacy all have a significant positive effect on students’ intention to learn. These results imply that the higher the students’ confidence in the benefits and usability of the software, the more positive their attitude, the stronger the social support, and the greater their confidence in using computers, the stronger their intention to study accounting technology. This research highlights the importance of integrating curriculum and learning strategies that foster digital competence among accounting students to meet the demands of the modern workforce.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles