PENGARUH KUALITAS RANGKA eSAF TERHADAP CITRA MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI ULANG MOTOR MATIC HONDA

Authors

  • Desi Ramadina Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta image/svg+xml , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia Author
  • Muniaty Aisyah Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta image/svg+xml , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia Author https://orcid.org/0000-0001-9870-4898 (unauthenticated)

DOI:

https://doi.org/10.24843/EEB.2025.v14.i09.p08

Keywords:

Analisis Jalur, Citra Merek, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang, Brand Image, eSAF Framework, Path Analysis, Product Quality, Repurchase Intention

Abstract

PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor yang memproduksi sepeda motor di Indonesia. Salah satu rangka yang digunakan pada motor matic Honda yaitu rangka eSAF. Rangka eSAF merupakan struktur sepeda motor Honda yang baru diaplikasikan sejak tahun 2019. Rangka eSAF motor Honda menjadi perhatian karena disebut mudah mengalami karatan yang mengakibatkan cepat keropos dan patah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas rangka eSAF terhadap citra merek serta dampaknya pada minat beli ulang motor matic Honda. Analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur dengan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 105 responden yang berdomisili di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kualitas rangka eSAF berpengaruh terhadap citra merek, 2) Kualitas rangka eSAF berpengaruh terhadap minat beli ulang, 3) Citra merek tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, 4) Kualitas rangka eSAF dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap minat beli ulang, 5) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara kualitas rangka eSAF terhadap minat beli ulang melalui citra merek. Rekomendasi penelitian ini secara umum yaitu AHM diharapkan senantiasa menjaga atau memberikan kualitas rangka eSAF yang baik agar dapat mempertahankan citra merek Honda yang sudah dibangun.


PT Astra Honda Motor (AHM) is a pioneer in producing motorcycles in Indonesia. One of the frames used in Honda's automatic motorbikes is the eSAF frame. The eSAF frame is a Honda motorcycle structure that has only been applied since 2019. The Honda motorcycle eSAF frame is a concern because it is said to be easy to experience rust which results in rapid loss and fracture. This study aims to determine the effect of eSAF frame quality on brand image and its impact on repurchase interest in Honda automatic motorbikes. The data analysis used is path analysis with purposive sampling and a sample size of 105 respondents who live in Jabodetabek. The results showed that 1) eSAF frame quality affects brand image, 2) eSAF frame quality affects repurchase intention, 3) Brand image has no effect on repurchase intention, 4) eSAF frame quality and brand image simultaneously affect repurchase intention, 5) There is no indirect influence between eSAF frame quality on repurchase intention through brand image. The recommendation of this study in general is that AHM is expected to always maintain or provide good eSAF frame quality in order to maintain the Honda brand image that has been built.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles